EFFEKTIVITAS PENGEMBANGAN E-MODUL BERBENTUK ONLINE FLIPBOOK PADA MATERI AKSARA JAWA KELAS X SMK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang efektifitas pengembangan e-modul berbasis online fllipbook dalam kegiatan pembelajaran bahsa Jawa dengan materi Aksara Jawa. Tujuan dalampenelitian ini anatra lain untuk mengetahui keefektifan penggunaan e-modul dan juga kevalidan pengembangan e-modul berbasis online book pada mata pelajaran bahasa Jawa dan materi aksara Jawa. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X di SMK PGRI 2 Kediri yang diambil sebanyak 3 kelas untuk uji coba. Pengembangan e-modul aksara jawa berbentuk online flipbook menggunakan metode pengembangan Borg and Gall yang dipadukan dan disesuaikan dengan pedoman penyusunan e-modul yang ditebitkan oleh kemendikbud. Hasil pengembangan berupa sebuah e-modul yang dibentuk online flipbook dan bisa dbagikan dengan cara membagikan link s. id dan barcode. Hasil pengembangan e-modul aksara Jawa atau Moksa memperoleh nilai validasi sebesar 88, 70% untuk materi dan 92, 14% untuk media/desain sehaingga memperoleh kriteria sangat baik. Keefektifan e-modul aksara Jawa secara rata-rata pada ketiga kelas mendapat 0, 72 nilai N-gain atau mengalami peningkatan dengan kategori tinggi.